Mesin Perontok Padi, Dari yang Jadul ke yang Paling Canggih

Mesin Perontok Padi

Mesin perontok padi adalah sebuah mesin sederhana yang berfungsi untuk merontokkan atau memisahkan bulir-bulir padi dari batangnya. Mesin perontok padi sangat diperlukan oleh para petani saat musim panen tiba.


Setelah padi mulai menguning pertanda padi sudah tua dan siap dipanen. Batang batang padi di sabit dan dikumpulkan menjadi satu. Untuk memudahkan dalam penggilingan, bulir bulir padi yang masih menempel dibatang ini harus dirontokan terlebih dahulu sehingga menjadi gabah.

Mesin Perontok Padi Papan Kayu

Dahulu untuk merontokan padi para petani memukul-mukulkan batang padi ada balok kayu ( mirip kayu untuk cuci baju ). Cara ini dilakukan saat teknologi belum menyentuh ke bidang pertanian, terutama di desa-desa dan daerah terpencil.

Mesin Perontok Padi Papan Kayu

Cara ini membutuhkan tenaga yang ekstra karena murni menggunakan tenaga manusia dan proses nya memakan waktu yang relatif lama. Apalagi bila jumlah padi yang mau dirontokkan cukup banyak. Seiring berjalanya waktu, cara ini mulai dianggap kurang eektif dan efisien maka diciptkanlah alat perontok padi secara manual.

Mesin Perontok Padi Manual ( Kayuh )

Alat perontok padi manual ini dibuat dari kayu yang berbentuk silinder dan diberi paku paku. Silinder paku paku ini diberi AS dan dihubungkan dengan kayuh melalui rantai.

Mesin Perontok Padi Kayuh

Cara kerja alat perontok padi manual ini adalah saat batang dikayuh, maka silinder yang berpaku tersebut akan berputar ( mirip sepeda ) kemudian batang batang padi didekatkan ke silinder. Maka silinder berpaku akan bekerja seperti menyisir bulir bulir padi sehingga terpisah dengan batangnya. Di jawa alat perontok padi manual ini disebut dengan DOS.

Mesin Perontok Padi Diesel

Seiring dengan perkembangan teknologi, tenaga menusia untuk mengayuh mesin perontok padi manual mulai ditinggalkan dan digantikan dengan mesin diesel. Sehingga proses perontokan padi menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien
Mesin Perontok Padi Diesel

Mesin perontok diesel ini cocok untuk petani yang mempunyai sawah yang luas dan hasil panen yang banyak sehingga proses perontokan padi bisa dilakukan dengan cepat dan gabah siap dijemur untuk digiling menjadi beras.
Share on G+ Pinterest